Ruang tamu merupakan salah satu area penting dalam sebuah hunian, yang fungsi utamanya untuk menjamu tamu. Bila umah Anda hanya memiliki ruang tamu berukuran kecil, jangan khawatir. Anda masih tetap bisa mengisinya dengan furnitur. Namun tentu, bentuk furnitur yang dipilih perlu diperhatikan agar ruangan tidak terlihat sempit.
Bagi Anda yang masih tinggal sendiri, atau baru memulai keluarga kecil, pilihlah sofa tanpa lengan. Sofa jenis ini akan terlihat ramping di ruang kecil. Pastikan memilih sofa yang nyaman dan kuat sehingga dapat bertahan 10 tahun atau lebih. Pikirkan sofa sebagai investasi dan beli perabotan dekoratif dengan harga terjangkau.



Selain sofa, Anda juga bisa menggunakan kursi atau bangku agar tidak terlalu banyak memakan tempat di ruangan.
Untuk meja kopi, pilihlah meja yang ukurannya tidak terlalu besar, dengan desain yang sederhana.
Dengan ukuran ruangan yang kecil, pilihlah furnitur dengan motif garis-garis yang bersih sehingga mata tidak terpaku di satu tempat.
Sementara untuk perabotan-perabotan yang berukuran besar, gunakan warna netral untuk memberi kesan lapang di ruangan.
Mainkan warna-warna terang dan berani pada beberapa furnitur seperti bantal atau vas sehingga ruangan tidak tampak monoton.
Bila sudah memiliki anak, pilihan furnitur di ruang tamu tentu berbeda lagi. Anda bisa memilih sofa sectional dan furnitur yang memiliki banyak tempat penyimpanan terutama untuk mainan si kecil.
Tempat penyimpanan ini tak hanya lemari, namun juga bisa kotak atau kerajang rotan maupun peti kayu berukuran mini. 
Apapun pilihan furnitur Anda, ingatlah bahwa salah satu kunci sukses dari penataan ruangan berukuran kecil adalah tempatkan perabotan seminimal mungkin.
Dasar rumusnya adalah satu sofa, satu kursi, dan satu meja. Setelah menambahkan elemen-elemen ini, tambahkan furnitur lain yang Anda inginkan.

Sumber : kompas.com