Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan, pusat perbelanjaan atau mal diizinkan beroperasi kembali mulai Senin (15/6/2020). Perizinan operasional mal tersebut diberikan menyusul pemberlakukan masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga akhir Juni 2020.

Pada waktu tersebut, pertokoan atau ritel juga dapat kembali beroperasi. Sementara, ritel yang berdiri sendiri (stand-alone) dapat beroperasi lebih cepat yakni, Senin (8/6/2020).

Meski mengizinkan mal kembali beroperasi, Pemerintah akan membatasi kapasitas pengunjung yang datang yaitu, sebanyak 50 persen.

Menanggapi masa transisi PSBB tersebut, Wakil Presiden Direktur PT Metropolitan Kentjana Tbk Jeffri S Tanudjaja mengatakan, mal yang dikelolanya siap mengikuti aturan tersebut.

"Sudah siap. Kami mengikuti peraturan yang sudah dikeluarkan oleh Pemerintah," kata Jeffri kepada Kompas.com, Kamis (4/6/2020).

Baca juga : "Micro House" Bisa Menjadi Solusi Rumah Pasca-pandemi

PT Metropolitan Kentjana Tbk yang mengelola dua mal sekaligus yakni Pondok Indah Mall 1, 2, dan 3 serta Puri Indah Mall siap mengikuti jam operasional mal yang diizinkan. Pada masa transisi PSBB, jam operasional pusat belanja mulai pukul 11.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB.

Selain itu, pengelola juga akan mematuhi jenis ritel apa saja yang tidak diperbolehkan beroperasi pada masa transisi PSBB seperti, bioskop, arena olahraga, salon, maupun zona permainan anak.

Senada dengan PT Metropolitan Kentjana Tbk, Ciputra Group juga tengah mempersiapkan diri terkait pembukaan kembali mal pada masa transisi PSBB.

"Mal Ciputra di Jakarta akan mempersiapkan diri (pembukaan operasional)," kata Senior Director Ciputra Group Artadinata Djangkar.

Menurut Arta, jenis ritel yang diizinkan beroperasi adalah yang terkait dengan kebutuhan masyarakat di antaranya, supermarket, toko obat, dan beberapa jenis Food&Beverage (F&B) dengan layanan take-away.

Namun begitu, Arta mengaku belum mengetahui jenis ritel dan toko mana saja yang tidak lagi beroperasi atau mengundurkan diri karena terdampak Pandemi Covid-19.

Hal ini baru akan diketahui saat mal beroperasi kembaali pada 15 Juni 2020.

Sementara itu, Public Relation Assistan Manager Lotte Shopping Avenue Indonesia Lolita Safitri menuturkan, Lotte Shopping Avenue (Love) sedang melakukan berbagai persiapan menyambut pembukaan kembali, seperti general cleaning (pembersihan menyeluruh).

Pembersihan menyeluruh tersebut dilakukan di seluruh area mal, fasilitas, dan peralatan khusus yang bersentuhan langsung dengan tangan. "Misalnya eskalator dan tombol pada lift," ucap Lolita.

Selain itu Love pun sudah mempersiapkan berbagai macam protokol pencegahan Covid-19 untuk pengunjung yang datang. Contohnya, memasang tanda jaga jarak antar pengunjung di area lift, toilet, antrean kasir, serta mengurangi kursi duduk.

Sumber : kompas.com