Tak lama lagi Jalan Tol Serpong - Cinere ruas Serpong - Pamulang bakal dikenakan tarif. Besaran tarif ini sudah diusulkan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk kepada Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) untuk kemudian disampaikan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dengan demikian, kata Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur, penetapan dan pemberlakuan tarif Tol Serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang masih menunggu keputusan Menteri PUPR.

"Kondisinya saat ini masih menunggu keputusan Menteri PUPR," jelas Subakti kepada Kompas.com, Rabu (28/04/2021).

Subakti mengungkapkan, usulan tarif golongan I akan dipatok sebesar Rp 11.000 yang dituangkan dalam Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT). Besaran tarif tersebut dihitung berdasarkan patokan Rp 1.708 per kilometer dengan masa konsesi 35 tahun.

Sementara itu, Direktur Utama PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) Ayu Widya Kiswari mengatakan, untuk saat ini Tol Serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang belum dikenakan tarif alias masih dalam tahap sosialisasi.

"Saat ini masih proses sosialisasi. Pada saatnya tentu akan diberlakukan tarif," tutur Ayu.

Adapun Tol Serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis (01/04/2021).

Tol Serpong-Cinere dirancang sepanjang 10,1 kilometer yang terdiri atas dua seksi yaitu Seksi I Serpong-Pamulang sepanjang 6,5 kilometer yang sudah rampung, serta Seksi II Pamulang-Cinere sepanjang 3,6 kilometer.


Sumber : kompas.com